pengertian komputer
candraonline.com

Pengertian Komputer, Fungsi, Sejarah, Perkembangan

Apa itu Komputer berikut pengertian dan penjelasan apa itu komputer serta sejarah perkembangan komputer dan fungsinya. Pastinya bermanfaat
Apa itu Komputer berikut pengertian dan penjelasan apa itu komputer serta sejarah perkembangan komputer dan fungsinya. Pastinya bermanfaat

Pengertian komputer dan Fungsinya saya rangkum dalam Artikel yang mudah dipahami, serta bermanfaat.

Apa itu komputer..?

Komputer adalah perangkat elektronik yang digunakan untuk memproses data sesuai perintah yang telah diprogram, sehingga menghasilkan informasi bagi penggunanya.

Pada dasarnya terdiri dari beberapa komponen komputer yang terhubung satu dengan lain, sehingga dapat berkerja secara otomatis berdasarkan program yang diperintahkan.

Kata komputer berasal dari kata computare dari bahasa latin yang berarti menghitung. Sehingga dapat di sederhanakan komputer adalah alat elektronik untuk menghitung aritmatika.

Kesimpulan pengertian komputer: “Komputer adalah suatu perangkat elektronik yang terdiri dari beberapa komponen yang saling terhubung, sehingga dapat menghasilkan suatu informasi berdasarkan data dan program yang ada”

Komputer terdiri dari 3 bagian utama yaitu:

  1. Perangkat keras (hardware) : processor, ram, harddisk, motherboard, perangkat output dan input
  2. Perangkat lunak (software) : sistem operasi, program komputer.
  3. Pengguna komputer (brainware)

Pengertian Komputer Fungsi, Sejarah, Perkembangan

pengertian komputer
Fungsi Komputer

Fungsi Komputer dan Penjelasanya

Komputer memiliki 5 fungsi dasar, yaitu:

  1. Data storage
  2. Data processing
  3. Data movement
  4. Data output
  5. Data input

Berikut penjelasan tentang 5 Fungsi Dasar Komputer:

  1. Data storage. Seperti yang anda tau “penyimpan data” yaitu komputer dapat digunakan untuk menyimpan data sehingga dapat ditemukan dan digunakan kembali.
  2. Data processing. Fungsi Komputer digunakan untuk mengolah data yang menghasilan file atau output berupa informasi. Data yang diolah pada umumnya berupa teks, kata, suara, objek, video, gambar, dll.
  3. Data movement. Fungsi Komputer sebagai alat untuk memindahkan data seperti dari komputer ke komputer lainnya, atau dari komputer ke flashdisk.
  4. Data output. Fungsi komputer untuk menghasilkan data output sepeti informasi, gambar dll. Setelah melalui proses pengolah data. Data output ini dapat disajikan melalui monitor, speaker, dan printer.
  5. Data input. Fungsi komputer untuk menerima data maupun informasi dari komponen lain. Data diterima oleh aktivitas keyboard, mouse, dll.

Komponen komputer dan Fungsinya

komponen komputer dan fungsinya
Komponen Komputer dan Fungsinya
  1. Komponen input
  2. Komponen output
  3. Komponen process

Berikut penjelasan mengenai 3 Komponen Komputer diatas.

1. Komponen komputer input dan fungsinya

Komponen hardware yang berfungsi memasukkan tugas yang diberikan dan diproses oleh komputer, berikut beberapa komponen input seperti:

  • Keyboard Komputer. Adalah komponen yang berfungsi untuk memberikan input dalam bentuk data Alfanumerik dan Interpretasi ascii lainnya.
  • Mouse. Penghubung antar pengguna atau Brainware dengan layar monitor.
  • Microphone. Komponen yang memberikan input dalam bentuk suara.
  • Trackpad. Fungsinya sama dengan Mouse, hanya berbeda dari bentuknya.
  • Pena. Hanya ketika layar yang digunakan adalah layar sentuh. Ini bekerja seperti Mouse. Untuk memberi perintah tekan ujung pena di layar.
  • Scanner. Berfungsi untuk memindai gambar yang akan dimasukkan ke komputer menjadi file digital.

2. Komponen komputer output dan fungsinya

Komponen Output berfungsi untuk menampilkan informasi perintah yang telah diproses oleh komputer. Berikut adalah beberapa komponen output :

  • Monitor Komputer. Berfungsi untuk menampilkan proses yang sedang di kerjakan oleh pengguna dikomputer.
  • Speaker. Beguna untuk memberikan output dalam bentuk audio kepada pengguna.
  • Printer. Untuk cetak data dalam bentuk salinan kertas.

3. Komponen komputer process dan fungsinya

Komponen process yang berfungsi memproses perintah yang di sediakan oleh pengguna, kemudian ditampilkan dalam komponen output, berikut adalah beberapa komponen process :

Baca Juga : Cara Cek Bit Laptop Dengan 6 Cara yang mudah

  • Processor atau CPU. Unit komponen sebagai pengolah data.
  • Memori RAM. Komponen sebagai tempat penyimpan aktivitas sementara.
  • Harddisk. Komponen untuk media penyimpanan data, seperti Sistem Operasi yang bersifat semi permanen.
  • Motherboard. Komponen sebagai tempat penghubung semua komponen seperti komponen input, proses, dan output.

Jenis komputer dan penjelasannya

Jenis Komputer dan Penjelasanya
Jenis Komputer dan Penjelasanya

Jenis komputer dapat di bedakan dalam 7 jenis, berdasarkan dari bentuk dan ukuran, berikut 7 jenis komputer berdasarkan bentuk dan ukuran :

  1. Komputer desktop. Pengertian Komputer desktop, “komputer di atas meja”. Komputer ini memiliki CPU terpisah dari Monitor dan Keyboard.
  2. Komputer portabel. Perangkat keras komputer jenis portabel yang mudah dibawa ke mana saja, digunakan untuk tujuan penelitian di lapangan dan berpindah. Cenderung berat dan lebih besar dari laptop secara umum.
  3. Komputer tower. perangkat keras komputer yang bentuknya lebih besar dari komputer desktop dan biasanya ditempatkan di atas atau di sebelah meja. Bisa ditambahkan perangkat pendukung karena memiliki extra slot.
  4. Komputer palmtop. Perangkat keras komputer yang kecil dan bisa digenggam. Jenis komputer ini sangat jarang digunakan sejak ditemukannya Smartphone.
  5. Komputer notebook. pengertian komputer notebook adalah jenis laptop dengan ukuran lebih tipis. Secara umum digunakan oleh mahasiswa, guru dan peneliti yang membutuhkan perangkat komputer yang ringan.
  6. Komputer laptop. Perangkat komputer jenis laptop yang sangat popular hingga saat ini, laptop memiliki Monitor, CPU, Keyboard yang menyatu sehingga mudah di bawa kemana mana.
  7. Handbook (sub-notebook) Perangkat komputer jenis ini mempunyai ukuran lebih kecil dari notebook secara umum, dan memiliki prosesor dengan spesifikasi rendah.

Sejarah Komputer dan Perkembangan Komputer

Sejarah Komputer dan Perkembangan Komputer
Sejarah Komputer dan Perkembangan Komputer

Sejarah komputer

Sejarah komputer berawal dari seorang ahli matematika bernama charles babbage of england adalah orang pertama di dunia yang berani mengirim surat kepada para ahli di inggris untuk mengembangkan alat penghitungan mekanis, yaitu komputer.

Dia menuangkan pemikiran dalam surat yang berjudul notes tentang penggunaan mesin dalam perhitungan tabel Astronomi dan Matematika. Dia mengirim surat itu di tanggal pada 14 juni 1822.

Charles terus mengembangkan mesin komputer agar dapat diprogram oleh manusia, tetapi belum selesai. Kemudian mesin dilanjutkan oleh anaknya. Salah satu bagian yang dirakit oleh putranya sekarang bisa dilihat di museum science london.

Itulah tadi sedikit tentang sejarah komputer untuk lebih lengkapnya anda bisa cek di wikipedia.

Perkembangan komputer

Sejarah perkembangan komputer dibagi menjadi 4 Generasi. Setiap generasi ditentukan oleh komponen utama komputer. Setiap generasi menghasilkan komputer lebih kecil, sederhana, harga terjangkau dan resistensi.

Karena disertai dengan penemuan komponen elektronik baru yang membuat komputer lebih ringkas.
Komputer sekarang dapat memproses gambar, suara, teks, dan formulir data non-numerik lainnya.

Sementara yang diproses oleh mesin komputer adalah angka, yaitu, angka 1 dan angka 0. Angka membentuk kombinasi kode (disebut kode biner) yang mewakili listrik aktif dan kehabisan listrik.

Dibawah ini sedikit penjelasan tentang sejarah perkembangan komputer dari generasi pertama sampai generasi keempat.

1. Komputer generasi pertama

komputer generasi pertama dikembangkan dari tahun 1940 hingga 1959. Komputer generasi pertama bernama ENIAC. “electronic numerical integrator and computer” dan komputer yang dikembangkan oleh angkatan darat amerika serikat untuk menghitung tabel tembakan senjata di laboratorium persenjataan.

Eniac dirancang dan dikembangkan oleh dua profesor dari Universitas Pennsylvania, Amerika Serikat. Yaitu prof. John presper eckert dan john w. Mauchly. Selanjutnya, mesin diluncurkan pada 15 Februari 1946.

Tabung vakum menghasilkan panas berlebih, sehingga kurang efisien dan efektif. Selain itu, juga membutuhkan asupan listrik yang sangat besar untuk operasinya.

Eniac memiliki berat 27 ton dan ukuran 2,4 m x 0,9 m x 30 m. Luas eniac adalah sekitar 167 m2 dan daya listrik yang digunakan adalah 160kw.

2. Komputer generasi kedua

Komputer generasi kedua dikembangkan di era 1959 hingga 1965. Di mana pada saat itu transistor muncul sebagai pengganti komponen tabung vakum pada generasi komputer pertama.

Transistor adalah alat semi konduktor yang bertindak sebagai konektor dan pemutus arus listrik. Ukuran transistor lebih kecil dan menghasilkan panas lebih sedikit dari tabung vakum. Jadi, transistor mampu membuat ukuran komputer generasi kedua lebih kecil dari sebelumnya.

3. Komputer generasi ketiga

Komputer generasi ketiga pada tahun 1965 hingga 1971. Ditandai dengan ditemukan dan digunakan (ic) “integrated circuit” sebagai ganti transisor.

Transistor terus dikembangkan pada masa ini menjadi lebih kecil sehingga bisa dipasang bersama dengan komponen lain di ic.

Jadi ic terdiri dari beberapa transistor, kapasitor dan resistor. Temuan Jack membuat komputer generasi ketiga bekerja lebih efisien dan lebih cepat dari pada generasi sebelumnya. Selain itu, sistem operasi juga mulai ditemukan dan dikembangkan pada waktu itu.

4. Komputer generasi keempat

Pengembangan komputer generasi keempat tidak dapat dipisahkan dari perusahaan Intel. Sebab, perusahaan membuat chip pertama diluncurkan pada tahun 1971. Ini menjadi tahap awal pengembangan mesin utama komputer.

Pengguna komputer generasi keempat mulai berkembang secara luas. Bukan hanya elit dan pebisnis, tetapi masyarakat umum banyak yang telah memiliki komputer. Hingga akhirnya muncul jaringan komputer untuk kelompok bisnis yang awalnya ditujukan untuk membuat informasi pertukaran yang lebih cepat antara kelompok bisnis.

Kemudian internet lahir. Perkembangan besar lain yang ditemukan dalam generasi keempat ini adalah komputer jinjing atau laptop yang benar-benar bisa dibawa ke mana pun anda pergi. Semua jenis laptop dan komputer saat ini merupakan kelompok produk komputer generasi keempat.

Pengertian Komputer, Fungsi, Sejarah, Perkembangan

Penutup Apa itu Komputer

Sampai sini dulu pembahasan tentang Pengertian Komputer, Fungsi, Sejarah, dan Perkembangan yang sudah saya sajikan diatas. Semoga bisa menambah wawasan anda tentang Komputer dan pastinya bermanfaat.

Saya juga akan membahas tentang hal – hal lain yang berhubungan dengan komputer, jadi jangan lupa untuk mampir ke candraonline.com, agar anda mendapatkan informasi dan wawasan setiap harinya.

Sampai jumpa