cara mengatasi laptacop lemot
candraonline.com

Cara Mengatasi Laptop Lemot pakai 11 Cara Simple

Cara Mengatasi Laptop Lemot dan penyebab laptop lemot dengan 11 cara simple, kenapa dan bagaimana cara mengatasinya, langung cek saja disini
Cara Mengatasi Laptop Lemot dan penyebab laptop lemot dengan 11 cara simple, kenapa dan bagaimana cara mengatasinya, langung cek saja disini

Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan 10 Cara Simple yang akan membuat laptop lemot kembal normal

Cara mengatasi laptop lemot dan penyebab laptop bisa lemot kenapa ya.? mari kita belajar bersama di bawah ini

candraonline.com – Laptop Lemot.? itulah ucapan pengguna laptop dalam waktu yang cuku lama

Seiring waktu semakin banyak file dan software yang di install, pasti akan berdampak pada lemotnya laptop.

Sebab sudah melebihi batas wajar kekuatan dari laptop itu sendiri, berbagai penyebab laptop lemot bisa saja muncul salah satunya seperti yang saya ucapkan di atas tadi.

Mungkin kamu harus mengetahui penyebab laptop anda bisa lemot.

Berikut Adalah Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Lemot

Penyebab laptop lemot

  • Menjalankan beberapa software dalam satu waktu, itu akan membebani RAM, Seperti menjalankan software Corel Draw dan Photoshop secara bersamaan, misal pada 2Gb/4Gb RAM itu akan sangat membuat laptop lemot.
  • Startup program atau software berjalan di backgroug terlalu banyak, akan membuat laptop lemot secara otomatis saat dinyalakan. Semakin berat dan banyak startup program akan membuat peforma laptop menurun
  • Kapasitas RAM terlalu kecil, 2-4Gb RAM akan membuat laptop lemot, jika menjalankan software berat.
  • Terlalu banyak data pada Harddisk akan membuat laptop lemot hingga 50% jika penggunaan kapasitas Harddisk melebihi 90%.
  • Usia Harddisk sudah tua, sebab Harddisk dengan usia tua akan berpenyaruh pada peforma laptop, semakin tua akan semakin membuat laptop lemot.
  • Tidak pernah atau jarang update sistem operasi, juga berpengaruh pada peforma laptop, sebab para pembuat OS akan selalu memperbaiki OS mereka agar bisa lebih baik lagi, jadi jika kamu jarang update OS ini bisa menjadi satu sebab kenapa laptop kamu lemot.
Penyebab Laptop Lemot Lainnya…
  • Virus. ya mungkin laptop anda terdapat virus atau retserangan virus, ini akan menggangu peforma laptop itu sendiri, jadi selalu hati – hati saat install software ilegal.
  • Tab browser banyak, misal anda sedang mendengarkan musik Youtube dan membuka Facebook, atau lainnya pada browser kamu, ini akan sangat menguras RAM laptop.
  • Antivirus, Memang ini adalah software penting pada laptop, tapi tau gak sih kebanyakan antivirus berjalan di background, dan startup program, jadi bisa membuat laptop lemot loh.

Itulah beberapa penyebab kenapa sih laptop bisa lemot.

Jadi jika sering atau ada salah satu diatas yang sering kamu lakukan atau jumpai. mungkin kamu sudah sedikit tau penyebabnya kan.

Sekarang kita berlajar tentang cara mengatasi laptop lemot dibawah ini, untuk lebih baiknya saya sarankan untuk langsung mencoba salah satu cara dibawah ini menurut kamu bisa dilakukan sekarang

Jika nanti beberapa cara dibawah ternyata laptop masih lemot, satu solusi dari saya, biasanya saya melakukan install ulang Os, atau reset OS.

Cara Mengatasi Laptop Lemot

1. Membersihkan Sampah Laptop

Sampah jarang atau bahkan tidak pernah kamu bersihkan akan membuat peforma laptop kamu menurun.

Untuk sampah yang membebani laptop ini seperti Temporary Files yang nongkong dilaptopmu tanpa kamu usir.

Untuk cara mehanghapus file sampah kamu bisa ikuti langkah – langkah dibawah ini, supaya laptop kamu kembali normal ya.

  • Jalankan RUN program dengan cara klik start dan ketik run, atau bisa juga pencet ( Windows + R ).
  • Setelah RUN program terbuka ketikkan %temp% lalu enter.
cara mengatasi laptop lemot
  • RUN program akan menampilan jendela baru disitu puluhan bahkan ratusan file sampah kamu nongkong.
  • Kamu bisa tu hapus Temporary File nya, jika ada file penitng menurut kamu penting tidak usah di hapus.
cara mengatasi laptop lemot
  • Gimana ada berubahan setelah mencoba cara ini..?

2. Uninstall Software yang Tidak Dipakai

Salah satu penyebab laptop kamu lemot adalah terlalu banyak software yang sudah di install tapi jarang atau bahkan tidak pernah kepake.?

cara mengatasi laptop lemot

Cobalah cek kembali software yang tidak terpakai, Jika ada segera uninstall dah, karena itu bisa membuat peforma laptop turun loh.

Sebab siapa atau software itu berjalan di background atau startup program, wah ini akan membuat peforma laptop akan turun.

Kamu bisa uninstall menggunakan software uninstall seperti CCleaner, atau menggunakan menu bawaan dari windows.

3. Melakukan Full Scan Antivirus

cara mengatasi laptop lemot

Untuk selanjutnya adalah melakukan full scan antivirus secara rutin ya, biasanya saya memakai cara ini setiap 3 hari sekali. Alhamdulillah laptop saya menjadi lebih segar setelah full scan.

Untuk software antivitus nya ada banyak pilihan jadi jangan bingung mencarinya. dan jangan lupa ya rutin melakukan full scan 3 hari sekali atau minimal 1 minggu sekali.

Nah jika kamu sudah mendapatkan software antivirus nya, jangan lupa ya matikan automatic scan.

Kenapa karena jika itu aktif maka software akan berjalan di background, nah jadi akan membuat laptop lemot deh. Saran dari saya jika sedang melakukan full scan tutup semua software yang kamu gunakan terlebih dahulu.

Agar dapat di scan dengan baik, karena beberapa software antivirus tidak melakukan scan pada software yang berjalan atau digunakan.

4. Install Software sesuai Spec Laptop

cara mengatasi laptop lemot

Ini juga penting loh, untuk itu coba dah lihat spesifikasi laptop kamu dulu sebelum install software yang memiliki minimum system peforma berat atau di atas spec laptop.

Sebab jika sudah kamu install dan jalankan otomatis RAM dan HDD laptop akan bekerja dengan sekuat tenaga tanpa kita sadari.

Membuat laptop lemot dalam beberapa saat setelah kamu buka software tersebut. Sebagai contoh software Adobe Premiere yang memiliki minimum spec, 4Gb RAM, I5.

Artinya jika laptop kamu memiliki spec 2Gb RAM, Dual Core, saran saya jangan memaksa untuk install dah, karena efeknya akan kamu sesali nanti.

Untuk alternatif bisa install software yang hampir mirip tapi memiliki spec lebih rendah ya.

5. Memakai Software Versi Lama

cara mengatasi laptop lemot

Untuk langkah cara mengatasi laptop lemot selanjutnya ini bisa dibilang ada hubungannya sama yang di atas tadi ya.

Agar laptop tidak lemot saya sarankan untuk memakai software dengan versi lama saja, kenapa karena fitur dan tool di versi lama masih terbilang sedikit jadi tidak terlalu membebani RAM dan Proseccor.

Kadang beberapa software melakukan update atau menaikkan versi itu penyempurnakan fitur. menghilangi bug, atau hanya menambah beberapa fitur, jadi kalau pakai software versi lama sih masih oke.

Soalnya saya juga menggunakan software versi lama seperti Corel Draw saya hanya memakai versi X4

Sedangkan sekarang ada yang versi X7, sebab saya yakin kekuatan laptop saya tidak akan sanggung untuk menjalankan Corel Draw X7.

Dan ini masih saya lakukan di beberapa software lainnya loh di laptop saya, jadi jangan gengsi ya memakai software versi lama.

6. Jangan Terlalu Banyak Menggunakan Softwarwe

mengatasi laptop lemot

Nah ini yang biasanaya menjadi penyebab kenapa laptop lemot, tanpa sadar membuka banyak software pada waktu bersamaan.

Ini akan membuat kapasitas dari RAM dan Processor penuh, kalau gak percaya boleh coba, kalau lemot jangan salahkan saya loh ya.

Untuk itu saran dari saya jangan terlalu banyak menggunakan software secara bersamaan, gunakan 2-3 software saja, itu kalau software ringan loh, kalau berat ya 1 aja.

Dan aplikasikan cara ini terus menerus supaya kamu tidak lupa dan terbiasa melakukan cara ini.

Agar mendapatkan hasil yang maksimal untuk peforma laptop.

7. Pakai Software Booster

 laptop lemot

Gunanya apa kalau kita memakai Software Booster ini.?, dengan bantuan sofware booster ini bisa membersihkan file – file sampah ada di laptop tanpa ribet.

Software Booster akan mengoptimasi laptop, seperti menghapus cookies, cache, history browser, dan menghapus recycle bin, file inilah yang membuat peforma laptop turun.

Bisa gunakan sofware booster seperti CCleaner dan lain – lainya bisa di dapatkan gratis loh.

Jadi selain menggunakan sofware Antivirus saran saya juga gunakan Software Booster supaya laptop kamu kembali normal lagi ya.

8. Gunakan Cooling Pad

Gunakan Cooling Pad

ini adalah salah satu yang saya pakai saat ini loh

Karena apa saya tidak mau laptop saya mengalami yag namanya overheat atau suhu laptop kita terlalu panas

Salah satu Aksesories yang mempunyai manfaat sangat siknifikan menurut saya, kamu bisa deh coba memakai cooling pad, atau kipas tambahan agar suhu laptop tetap terjaga

Atau bisa juga menggunakan vacuum cooler yang berfungsi menyedot udara panas keluar, ini lebih bagus sih di bandingkan cooling pad, tapi harga juga bagus kok XD

Jadi jika menggunakan ini dijamin laptop kamu bakal berumur panjang dan juga no lemot – lemot seperti yang saya lakukan saat ini.

9. Mengganti HDD dengan SSD

kenapa laptop lemot

Kamu bisa mencoba cara ini dan kebanyakan dari para pengguna laptop puas setelah HDD-nya di ganti dengan SSD.

Sebelum mengganti HDD, Bisa melakukan proses defrag bertujuan untuk menyegarkan kembali peforma HDD laptop. Setelah di defrag dan masih lemot bisa dah mengganti HDD dengan SSD, atau HHD terbaru.

SSD mempunyai keunggulan dalam kecepatan dibandingkan HDD, jadi jangan ragu. Oh iya untuk menggunakan SSD saran saya hanya untuk memuat OS atau booting.

Sebab kapasitas SSD tak sebanyak HDD dan juga harganya lebih mahal di banding HDD.

10. Upgrage Kapasitas RAM

Upgrage Kapasitas RAM

Cara ini persis yang saya lakukan dulu saat laptop terasa lemot, saya upgrade kapasitas RAM dan sampai sekarang laptop tidak lemot lagi.

Bisa juga melakukan Upgrage RAM jika dirasa ingin menambah peforma laptop.

Sebab apa kebanyakan pabrikan laptop cuma mebekali RAM 2-4Gb saja. Menurut saya masih kurang untuk menjalankan software terbaru minimun harus memiliki RAM 8gb.

Sebelum menambahkan RAM pada slot yang tersedia di laptop kamu, pastikan dulu tipe RAM-nya ( DIMM atau SODIMM ).

11. Install Ulang Windows

Install Ulang Windows

Nah cara terhakir atau pamungkas utuk mengatasi laptop lemot adalah dengan cara melakukan install ulang windows.

Untuk kamu yang belum pernah melakukan install ulang windows lebih baik bawa laptop ke tukang servis yang lebih berpengalaman.

Nah pas udah di install ulang kebanyakan laptop akan kembali normal seperti baru, pengalaman pribadi sih ini setelah laptop ku install ulang.

Mengenai caranya saya juga akan membagikan tentang cara install windows di next day, jadi tunggu aja ya.

Kesimpulan

Kesimpulan yang bisa kamu dapat adalah coba lakukan cara yang bisa dilakukan sekarang, seperti menghapus file sampah.

Jika sudah melakukan cara tersebut dan ternyata masih kurang maksimal boleh mencoba untuk upgrade RAM ( saran saya ).

Untuk Install Ulang Windows lebih baik dilakukan jika ingin mengganti HDD dengan SSD.

Oke sampai disini dulu ya pembahasan tentang Cara Mengatasi Laptop Lemot dengan 11 cara mudah dan simple.

Sampai jumpa di pembahasan selanjutnya.

Baca juga : Cara Melihat Bit Laptop Dengan 6 Cara yang mudah